Apa Itu Decal ?

Pengertian Decal (stiker)
Sebuah decal atau perpindahan adalah plastik , kain , kertas, keramik atau media substrat yang telah dicetak dalam pola atau gambar yang dapat dipindahkan ke permukaan lain kontak, biasanya dengan bantuan panas atau air.

Teknik ini ditemukan oleh Simon François Ravenet, seorang pengukir dari Perancis yang kemudian pindah ke Inggris dan menyempurnakan proses yang disebutnya "décalquer" (yang berarti menyalin dengan melacak) itu menjadi luas selama tren stiker akhir abad ke-19.

Produksi massal vinyl decals dimulai dengan gulungan besar lembaran vinil. Vinyl dimasukkan melalui plotter atau printer / cutter format besar yang mencetak gambar yang diinginkan dan memotong bentuk yang diinginkan. Desain biasanya dibuat menggunakan perangkat lunak komputer khusus dan dikirim ke mesin secara elektronik. Setelah pola dipotong, kelebihan vinil pada lembaran dihilangkan dalam proses yang disebut penyiangan. Akhirnya, topeng kertas dapat diaplikasikan pada bagian atas desain vinil yang memungkinkan aplikasi banyak huruf dan bentuk dengan mudah.

Komentar